10 Gejala Penyakit Tipes yang Cukup Berbahaya Buat Anak-Anak

Gejela Penyakit Tipes

Tipes adalah salah satu penyakit yang dikarenakan bakteri Salmonella typhi atau kita kenal S.typhi. Bakteri ini masuk melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi dan masuk pada usus kita.

Berbeda dengan tifus, walau banyak orang yang menganggap bahwa keduanya sama saja. Memang dari gejala tipes sama saja dengan gejala tifus, namun perbedaan nya terletak pada bakteri yang menyerang tubuh manusia. Tifus dikarenakan bakteri Rickettsia typhi atau R.prowazekii. Bakteri Rickettsia typhi ini dibawa oleh binatang-binatang kecil seperti kutu, tikus, dll yang kemudian menginfeksi manusia.

Penyakit ini cukup berbahaya bagi anak-anak, bahkan bisa saja membawa kepada kematian jika misalkan tidak ditangani dengan serius oleh para ahlinya. Penyakit tipes biasanya ditandai dengan panas yang cukup tinggi sebagai gejala penyakit tipes tersebut.

Demam yang Tinggi Bisa Saja Anak-Anak Terkena Tipes

Demam Gejala Penyakit Tipes

Demam yang tinggi menjadi gejala penyakit tipes yang paling sering terjadi, walau demam yang tinggi bukanlah ukuran untuk mendiagnosa bahwa anak-anak sedang terserang bakteri penyebab tipes. Karena untuk memastikan apakah anak memang positif terkena tipes atau bukan memerlukan pemeriksaan lanjutan dengan melalui pemeriksaan laboratorium.

Tipes juga bisa kita diagnosa dengan melihat beberapa gejelanya, namun untuk memastikan nya dengan melihat hasil laporan pemeriksaan laboratorium, apakah aliran adarah memang terdapat bakteri S.typhi atau tidak.

Beberapa gejala penyakit tipes diantaranya adalah:

  • Demam yang cukup tinggi.
  • Terdapar ruam atau bintik-bintik pada kulit.
  • Mual.
  • Sakit kepala.
  • Sakit dan nyeri pada otot.
  • Diare.
  • Muntah.
  • Tidak nafsu makan.
  • Lemas.
  • Sakit perut atau sembelet.

Itulah 10 gejala penyakit tipes yang bisa kita lihat dan mungkin dirasakan oleh anak-anak yang terinpeksi bakteri penyebab tipes. Semua gejela tersebut bukanlah gejela yang bisa kita anggap remeh.

Demam yang tinggi bisa pada anak usia balita bisa saja berlanjut kepada tahap lainnya seperti kejang, dll. Sementara tidak nafsu makan, diare, muntah, dan lainnya bisa saja menyebabkan pertumbuhan tubuh anak bermasalah karena kurangnya asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Tipes.

Untuk mencegah anak dari penyakit tipes salah satunya dan utamanya adalah menjaga pola makannya agar selalu mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Karena bakteri penyebab tipes memang akan menginspeksi tubuh melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri S.typhi.

Memberikan anak suplemen dan makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuhnya agar kemampuan tubuhnya melawan bakteri dan virus menjadi maksimal.

Tubuh manusia memang dilengkapi dengan sistem imun yang berguna sebagai pertahanan dari bakteri, virus, dan berbagai radikal bebas dan zat luar yang masuk ke dalam tubuh kita.

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Belajar dari fakta kehidupan bukan sekedar teori belaka. Memaknai apa yang tersirat bukan hanya tersurat. Karena hidup bukan hanya katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *